Jam

Kamis, 20 September 2012

Download software Joomla 1.5

Download software Joomla 1.5

Perkembangan dunia internet pada saat ini sangatlah pesat, hal ini semakin didukung dengan kemudahan dalam membangun web bagi kalayak umum yang tidak memiliki latar belakang pendidikan berbasis teknologi informasi. Salah satu aplikasi web developer yang sedang naik daun adalah Joomla. Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP. Sejarah munculnya Joomla adalah karena ada sedikit “konflik” antara develop (pengembang) Mambo dengan founder (pembuat program) Mambo. Pihak founder berkeinginan untuk membentuk sebuah perusahaan bernama Mambo Foundation, namun para pengembang tidak setuju karena mereka beralasan bahwa jika Mambo sudah ditangani oleh sebuah perusahaan secara otomatis Mambo akan menjadi sebuah software yang komersial. Padahal tujuan awal dibuatnya Mambo adalah free (gratis) untuk semua orang dan siapapun boleh menggunakan, menduplikasi, atau bahkan memoddifikasi.


Kondisi seperti ini memicu para develop yang memiliki tanggung jawab dan hati nurani kepada user membuat mereka hengkang dari kepengurusan Mambo. Yang pada akhirnya para develop yang tidak setuju tersebut bergabung dan menciptakan sebuah software “tandingan” Mambo. Maka terciptalah sebuah sofware yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama persis bernama Joomla.

Hampir seluruh modul maupun komponen untuk Mambo dapat pula digunakan pula pada Joomla. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php. Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks.

Joomla dapat digunakan untuk membuat situs:
  1. Portal
  2. Komersial
  3. N-profit
  4. Pribadi
Aplikasi yang beragam dapat dibuat menggunakan Joomla karena memiliki beberapa kemampuan, diantaranya:
  1. Dapat melakukan update halaman utama, halaman berita, halaman artikel, maupun halaman arsip secara cepat.
  2. Dapat melihat file Microsoft Word, Excel, dan PDF.
  3. Dapat menambahkan menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan mudah.
  4. Dapat mengatur weblink dengan cepat dan mudah.
  5. Dapat mengatur banner (iklan).
  6. Dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions).
  7. Dapat mengatur Newsflashes.
  8. Membuat arsip dan menampilkannya kembali.
  9. Dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF.
  10. Dapat mengatur user dengan tingkat akses level yang berbeda.
  11. Dapat menambah komponen, modul, dan template dari pihak ketiga (seperti: forum, calendar, reminder, agenda, guestbook (buku tamu), shopping cart, dan sebagainya).
Desain Joomla berbeda dengan aplikasi sejenis seperti Microsoft Frontpage maupun Macromedia Dreamweaver. Joomla sangat fleksibel, mudah digunakan, dan bentuknya sederhana, menjadikan software ini sangat friend user karena:
  1. Mudah melakukan setup/instalasi.
  2. Memiliki interface administrator yang sederhana untuk mengatur isi situs (website).
  3. Mudah digunakan untuk mengedit (menambah, mengubah, dan menghapus) content dan gambar.
  4. Fleksibel untuk mengatur tampilan front end.
  5. Fleksibel untuk menambah komponen dan modul yang baru dari pihak ketiga.
Seperti telah diijelaskan sebelumnya bahwa Anda tidak perlu lagi mengetahui konsep pembuatan web dengan HTML, XML maupun DHTML, cukup memasukan content dan gambar yang ingin ditampilkan ke dalam situs. Bahkan webmaster tidak perlu memahami program FTP untuk melakukan upload data karena Joomla sudah dapat menanganinya.
Untuk Mendownload Komponen Software dan Template Joomla, Untuk Anda Belajar Joomla  Klik Link Di bawah Ini....

0 komentar:

Posting Komentar